10 Bisnis yang Akan Booming Menjelang Pemilu

10 Bisnis yang Akan Booming Menjelang Pemilu - Bro sis, tahun depan Indonesia akan mengadakan pemilu. Pernah kah Anda berpikir untuk mengambil peluang bisnis dari pesta rakyat Indonesia ini. Emang bisnis apa yang bisa dilakukan menjelang pemilu ? Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan menjelang pemilu nanti. Jika bro sis merupakan orang yang senang berbisnis bisa mencoba 10 jenis bisnis berikut menjelang pemilu 2014 nanti.

10 Bisnis yang Akan Booming Menjelang Pemilu

10 Bisnis yang Akan Booming Menjelang Pemilu


1. Sablon
Ini jelas. Para caleg dan partai ramai-ramai membuat kaos yang nanti disebar kepada masyarakat. Jika dipakai oleh masyarakat, kaos itu bakal menjadi semacam ‘iklan berjalan’. Kalau sudah begini, maka yang paling diuntungkan adalah para pembuat kaos atau jasa sablon kaos mulai dari hulu (desainer) ke hilir (tukang sablon).

2. Digital Printing
Baliho, spanduk, poster, kartu nama, dan produk cetak digital lainnya bakal menjamur. Kita akan dengan mudah melihat produk-produk digital printing di pinggir jalan. Siapa yang paling diuntungkan dengan adanya produk-produk seperti itu? Tentu saja pengusaha yang memiliki peralatan digital printing atau mereka yang menguasai keterampilan desain grafis.

3. Sewa Panggung dan Sound System
Untuk menggalang massa, seringkali parpol-parpol memboyong masyarakat ke sebuah tempat, misalnya lapangan, dan selanjutnya parpol melalui jurkamnya mengkampanyekan program-program kerja partai tersebut. Agar berjalan dengan baik, pihak parpol menyewa panggung dan sound system agar masyarakat bisa melihat dengan jelas acara tersebut.

4. Talent Scouting
Parpol biasanya melibatkan artis seperti penyanyi dangdut, musisi, hingga organ tunggal untuk memikat masyakarat. Selain artis, pihak manajemen yang membawahi artis tersebut juga ikut-ikutan kecipratan rejeki.

5. Pembuatan Website
Caleg yang melek internet tahu potensi dunia maya. Maka mereka tak segan-segan menghadirkan diri ke dunia maya untuk keperluan branding. Kalau sudah begini, para desainer website, pemilik web hosting, dan pengelola website akan ketiban rejeki.

6. Ghostwriter
Ghostwriter adalah jasa penulisan buku. Caleg yang mengutamakan pendidikan akan memanfaatkan buku untuk melejitkan nilai intelektualitas mereka. Karena menulis itu tidak mudah, maka mereka menyewa ghostwriter untuk menulis kisah-kisah diri mereka dengan baik.

7. Rental Mobil
Jika kampanye besar-besaran di suatu daerah, parpol biasanya mengundang tamu dari daerah lain atau dari kantor pusat. Untuk memboyong mereka, maka dibutuhkan sarana transportasi yang ideal. Di sini rental mobil menjadi salah satu bisnis yang naik daun.

8. Hotel/Penginapan
Masih terkait dengan tamu-tamu dari daerah lain. Selain rental mobil, hotal dan penginapan merupakan bisnis yang bakal kecipratan rejeki.

9. Survey
Survey digunakan untuk mengalihkan persepsi masyarakat terhadap parpol. Tidak heran, bisnis survey akan menjamur menjelang pemilu.

10. Media
Media seperti koran, majalah, electronic news, dan lain sebagainya bakal mendapatkan rejeki karena memperoleh banyak berita terkait pemilu. Karena banyak dibeli atau dilihat masyarakat, maka media bakal mendapatkan iklan yang jumlahnya berjibun.

Sumber : kompasiana.com