5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia - The Kolor Superman

5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia

5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia - Laut tak hanya mempesona dengan perairan bening atau terumbu karang yang cantik. Di beberapa negara, terdapat pemandangan menarik berupa masjid yang terapung di atas laut.

Masjid-masjid terapung di atas laut ini bakal membuat siapa saja yang melihatnya takjub. Arsitektur masjidnya yang gagah menambah elok pemandangan lautan bening yang ada di sekitarnya.

5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia


1. Masjid Fatimah, Jeddah
5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia
Masjid fatimah di Jeddah adalah masjid terapung yang paling terkenal di Arab Saudi. Berada di pinggiran Laut Merah, sebenarnya hanya sebagian bangunan masjidnya yang berada di atas laut alias terapung. Namun saat Laut Merah sedang pasang, pemandangan Masjid Fatimah benar-benar seperti terapung di atas laut!

Luas Masjid Fatimah berukuran 20 x 30 meter persegi. Interior bagian dalamnya yang didominasi kaligrafi menambah kecantikan masjid ini. Nama masjid ini kini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Ar Rahman. Suasana masjidnya juga sangat sejuk.

2. Malacca Straits Mosque, Melaka
5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia
Malacca Straits Mosque di Melaka, Malaysia adalah masjid terapung yang terkenal di Negeri Jiran. Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Melaka, berada di pinggiran Selat Melaka. Tiang-tiang pondasi masjidnya tertancap ke dasar laut di pinggiran pantainya.

Masjid Malaka selesai dibangun tahun 2006. Dinding masjidnya berwarna putih dan kubanya dihiasi warna kuning, cantik sekali. Ternyata, biaya pembangunan Masjid Malaka ini menghabiskan biaya MYR 10 juta atau sekitar Rp 36 miliar!

3. Masjid Haji Ali Dargah, Mumbai
5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia
Siapa sangka, India rupanya juga punya masjid terapung bernama Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai. Masjid ini berada di kawasan Worli Bay dan sudah berdiri sejak abad ke-19. Masjid ini jadi tempat bersejarah bagi umat muslim di India.

Uniknya, masjid ini dihubungkan oleh jembatan dari pingiran pantai. Ya, Masjid Haji Ali Dargah benar-benar terapung dan ada di tengah laut. Pemandangannya benar-benar cantik. Masjid yang berwarna putih ini dikelilingi lautan yang biru.

4. Masjid Amirul Mukminin, Makassar
5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia
Masjid Amirul Mukminin disebut-sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Masjid ini berdiri tepat di tengah laut lepas Pantai Loasari, Makassar. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid 99 Al Makazzary.

Masjid ini terdiri dari beberapa lantai, di lantai dua adalah tempatnya para jemaah wanita dan lantai dasarnya tempat jemaah pria. Masjid Amirul Mukminin juga menawarkan pemandangan sunset yang romantis. Sempurna!

5. Masjid Al Munawar, Ternate
5 Masjid Terapung di Laut Paling Unik di Dunia
Masjid Al Munawar adalah landmark baru dari Kota Ternate, Maluku Utara. berada di pusat kota, masjid ini berada di pinggiran pantai dan dua menaranya memiliki pondasi yang ditancapkan ke dasar laut.

Perairan di sekitar Masjid Al Munawar pun biru jernih. Anda bisa jelas melihat ikan-ikan yang ada di bawah permukaan airnya. Masjid ini sudah berdiri gagah sejak tahun 2003.