7 Tips Terbaik Menghilangkan Stress - The Kolor Superman

7 Tips Terbaik Menghilangkan Stress

Tips Terbaik Menghilangkan Stress
7 Tips Terbaik Menghilangkan Stress - Stress datang dari berbagai masalah dan persoalan yang biasa menimpa manusia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akhirnya banyak orang yang mencari tahu berbagai cara mengatasi stress yang mengganggu. Nah, bagi bro sis yang mungkin mengalami stress bisa mencoba 7 tips dibawah ini untuk mencegah stress yang bro sis alami.

Tips Menghilangkan Stress


1. Mengunyah Permen Karet
Penelitian di Australia dan Inggris menemukan bahwa ketika mengalami stres, mengunyah permen karet selama 10 menit mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga 18 persen.

2. Minum Teh Hitam
Orang yang minum teh hitam empat cangkir sehari selama enam minggu diketahui mampu mengatasi stres lebih cepat dan memiliki level hormon cortisol yang lebih rendah ketika mengalami stres, berdasarkan penelitian dari University College London. Senyawa kimia serta antioksidan yang ada dalam teh hitam mampu memuat seseorang merasa santai dan menenangkan saraf otak.

3. Pijat
International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri dua kali seminggu selama 15 menit saja mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Bahkan, cara mudah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan juga mampu memberikan efek yang sama dengan pijat.

4. Menulis
Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama dua hari mampu menurunkan kadar stres. Menuliskan perasaan pada kertas juga membantu kita melewati perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri.

5. Mendengarkan Musik
Musik mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan tingkat hormon stres. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka selama 30 menit, lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu produksi hormon kebahagiaan, yaitu endorfin.

6. Hindari Teknologi
Penelitian di University of California, Irvine, dan peneliti US army menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Jadi ketika anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan teknologi atau handset lainnya, misalkan mengecek email, jejaring sosial, atau lainnya minimal selama 45 menit.

7. Membersihkan Rumah
Kebiasaan membersihkan rumah mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran. Orang seringkali mudah tenang dan teralihkan ketika melakukan kebiasaan yang diulang-ulang seperti menyapu, mengepel, dan lainnya. Kegiatan semacam ini juga ampuh untuk membuat tubuh tenang.

Sekian postingan kesehatan kali ini dengan judul 7 Tips Terbaik Menghilangkan Stress. Semoga bermanfaat yah bro sis...