Ini Fakta Berbahaya Tentang Sabun Anti Bakteri - The Kolor Superman

Ini Fakta Berbahaya Tentang Sabun Anti Bakteri

Sabun Anti Bakteri

Ini Fakta Berbahaya Tentang Sabun Anti Bakteri - Sabun anti bakteri sering diasumsikan sebagai salah satu alat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh Anda. Anda menggunakan sabun anti bakteri untuk mencuci tangan atau mandi dengan anggapan bahwa kandungan anti bakteri yang ada di dalam sabun anti bakteri mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Baru-baru ini muncul sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh badan keamanan obat dan pangan Amerika Serikat yaitu FDA yang menyebutkan bahwa sabun anti bakteri dapat menjadi hal yang berbahaya untuk kesehatan Anda.

Triclosan, salah satu bahan anti bakteri yang ada di dalam sabun ini malah dapat meningkatkan sistem imun bakteri penyebab penyakit. Bakteri pun menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk dibasmi. Lebih lanjut, bahan kimia lain selain triclosan mampu membuat kulit jadi iritasi, mempengaruhi dan mengganggu fungsi hormon tiroid, hingga dapat berubah menjadi bahan karsinogenik.

Selain itu triclosan menghasilkan zat berbahaya seperti dioxin dan kloroform yang dapat mencemari lingkungan.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan cairan pembersih ataupun produk anti bakteri yang digunakan di rumah sakit atau tempat layanan kesehatan lainnya sebab cairan pembersih tersebut sebagian besar hanya terdiri dari alkohol atau etanol.

Sumber: Merdeka.com