4 Kebingungan yang Muncul Dalam Pencarian Malaysia Airlines MH370

Malaysia Airlines MH370

4 Kebingungan yang Muncul Dalam Pencarian Malaysia Airlines MH370 - Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 dilaporkan kehilangan kontak dengan menara pemandu lalu lintas udara (ATC) Subang, Malaysia. Pesawat hilang kontak dengan ATC pada Sabtu (8/3) pukul 02.40 dini hari waktu setempat (waktu Malaysia lebih cepat sejam dari WIB).

Selama proses pencarian, pemerintah Malaysia, dan tim pencari yang dikirimkan sejumlah negara membuat bingung banyak orang. Petunjuk yang salah, rumor yang bertebaran dan pernyataan yang kontradiktif menjadikan keluarga dari 239 penumpang pesawat nahas tersebut dipenuhi ketidakpastian.

Kini, masa pencarian sudah berlangsung selama enam hari sejak pesawat itu dinyatakan hilang. Berikut empat kebingungan yang muncul seperti dilansir thestar.com:

4 Kebingungan yang Muncul Dalam Pencarian Malaysia Airlines MH370


1. Pesawat putar balik

Kepala Royal Malaysian Air Force (RMAF) Jenderal Rodzali Daud memberikan pernyataan yang mengejutkan kepada publik. Selasa lalu, ia membuka kemungkinan pesawat MH370 berputar balik dari rute yang sebenarnya sesaat setelah lepas landas.

2. Waktu hilang

Para pejabat Malaysia menyatakan, pesawat MH370 kehilangan kontak sekitar pukul 01.30 waktu setempat, atau tepatnya satu jam setelah pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Sementara, Malaysia Airlines menyebut pukul 02.40 waktu setempat.

3. Area pencarian

Sesaat setelah dinyatakan hilang, proses pencarian dimulai dari Laut China Selatan dan Teluk Thailand, hingga ke kawasan udara Vietnam. Tak lama, pemerintah Malaysia beberapa kali memperluas area pencarian sekaligus mengubah fokus mereka.

4. Petunjuk

Sejak proses pencarian dimulai, tim SAR dari berbagai negara menerima temuan-temuan yang diduga terkait pesawat MH370. Melalui pantauan udara, mereka melaporkan adanya puing-puing yang diperkirakan berasal dari pesawat nahas tersebut.

Mulai dari tebaran minyak yang ditemukan pesawat Vietnam di perairan Laut China Selatan, bongkahan kayu yang dikira pintu kabin, namun tidak juga memberikan tanda-tanda pasti soal lokasi jatuhnya pesawat.

Sekian postingan mengenai hilangnya Malaysia Airlines MH370 dengan judul 4 Kebingungan yang Muncul Dalam Pencarian Malaysia Airlines MH370. Semoga Malaysia Airlines MH370 segera ditemukan.