Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan - Kebiasaan meninggalkan pekerjaan untuk sementara, namun berlanjut menunda pekerjaan dalam waktu lama dapat berbahaya bagi perkembangan diri Anda secara pribadi maupun profesional. Meski menunda pekerjaan memberikan waktu yang menyenangkan bagi Anda, Anda akan menyesal karena sudah terlambat dan melewatkan waktu yang berharga.

Ada beberapa cara efektif dan praktis bagi Anda yang ingin menghentikan kebiasaan tersebut. Di bawah ini 4 cara efektif menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan.

4 cara efektif menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan

4 cara efektif menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan


1. Buat daftar hal-hal yang harus dikerjakan

Cara penting untuk tidak menunda pekerjaan adalah membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Di sini, tentu saja Anda tidak bisa menyertakan hal-hal seperti menonton televisi atau bermain video game, karena itu adalah hal-hal yang harus dilakukan di waktu luang.

Dengan membuat daftar, Anda dituntut untuk fokus dan mengidentifikasi tugas-tugas penting yang terbentang di depan Anda. Seperti menyelesaikan sebuah proyek, merencanakan membuka butik, atau melakukan penelitian untuk menulis buku, dan lain sebagainya.

2. Tetapkan tenggat waktu yang realistis

Setelah Anda memiliki daftar-daftar yang harus dilakukan, Anda harus mengatur waktu tenggat untuk diri sendiri. Perlu diingat bahwa Anda harus menetapkan tenggat waktu yang realistis.

Setelah Anda memiliki daftar hal-hal yang harus dilakukan, Anda pun akan mengikutinya untuk menghindari penundaan. Setelah Anda tahu berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mengerjakan hal-hal tersebut, kecenderungan untuk menghindari tugas dan malas pun akan berkurang.

3. Pastikan semua hal teratur dan jadilah disiplin

Anda tetap harus memastikan segala hal teratur, bukan hanya untuk menghentikan penundaan, tetapi juga untuk mencapai keberhasilan dalam apa pun yang Anda lakukan. Semakin tidak sistematis Anda, maka semakin rentan Anda pada penundaan. Hal ini karena pikiran Anda sendiri tidak suka bekerja dalam kekacauan.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan memastikan hal-hal di sekitar Anda tetap rapi dan terorganisir. Anda diminta untuk menuliskan hal-hal yang harus Anda kerjakan, membuat daftar, dan mengikuti daftar itu untuk memastikan segalanya terorganisir, hingga akhirnya, kebiasaan menunda pekerjaan pun menghilang.

4. Buat sistem penghargaan

Salah satu trik menjadi mahir untuk tidak menunda pekerjaan, adalah memberikan penghargaan pada diri Anda sendiri ketika Anda berhasil menyelesaikan hal-hal tepat waktu. Ketika pekerjaan Anda selesai tepat waktu, Anda harus menghadiahi diri Anda sendiri.

Mengambil hari libur, pergi liburan singkat, bertemu teman, membeli buku, atau segala hal untuk meremajakan diri sendiri dan menikmatinya, adalah contoh-contoh hadiah yang bisa Anda berikan. Anda akan merasa begitu bahagia ketika sudah menyelesaikan tugas Anda dan tidak menundanya. Ini akan menjaga Anda tetap termotivasi untuk melanjutkan sistem hidup yang terorganisir, disiplin, dan akhirnya berhasil dalam hidup.

Sumber : http://www.intisari-online.com

Sekian postingan menarik dengan judul Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan. Semoga bisa bermanfaat buat bro and sis...