5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia - Tak semua daerah memiliki bandara dengan kondisi geografis yang menantang. Di dunia ini, ada 5 bandara dengan landasan pacu mengerikan. Hanya pilot jagoan yang bisa mendaratkan pesawatnya di sini. Apa saja?

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia


1. Bandara Internasional Princess Juliana, Karibia

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

Bayangkan betapa mengerikannya turis yang sedang asyik di pantai, tapi kemudian ada pesawat melintas dengan jarak sangat dekat dari kepala. Semua itu bisa dirasakan di Pantai Maho dekat Bandara Internasional Princess Juliana, St Marteen, Karibia.

Ya, bandara ini berada sangat dekat bahkan bersebalahan dengan pantai. Bahkan, landasan pacunya tepat berada di ujung pulau. Hasilnya, turis yang sedang berjemur di pantai tersebut pun hanya berjarak beberapa meter dengan pesawat yang akan mendarat. Bayangkan, betapa seramnya begitu dari jauh ada pesawat yang datang mendekat seolah ingin jatuh ke kepala.

2. Bandara H Hasan Aroeboesman Ende, Flores

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

Siapa sangka, Bandara H Hasan Aroeboesman di Ende, Flores, juga disebut-sebut sebagai salah satu bandara mengerikan. Salah satu hal yang membuatnya jadi mengerikan adalah bukit hijau yang mengelilingi bandara.

Sepintas, panorama yang disuguhkan bandara ini sangat memukau. Jejeran bukit hijau tampak menyegarkan apalagi bagi turis perkotaan yang jarang menemukan pemandangan semacam ini. Namun tunggu dulu, justru di sinilah letak keseramannya.

Sebuah bukit besar tepat berada di depan landasan pacu. Pesawat yang akan lepas landas dan mendarat harus berhadapan dengan bukit ini. Biasanya, kebanyakan turis bepikir ngeri kalau-kalau terjadi hal tidak menyenangkan antara bukit dan pesawat. Tapi untungnya tidak, pilot segera berbelok menjelang mendekati bukit itu.

3. Bandara Lukla, Nepal

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

Bandara lain yang tak kalah mengerikan adalah Bandara Lukla di Distrik Solukhumbu, Nepal. Bandara ini yang juga dikenal dengan nama Hillary Tensing Airport ini memiliki landasan pacu yang miring sampai 12 persen.

Berada di ketinggian 2.700 mdpl, ujung landasan di bandara ini juga langsung mengarah ke jurang. Oleh karena itu, pilot tidak boleh sedikit pun melakukan kesalahan saat lepas landas dan mendarat. Pilot harus memiliki perhitungan navigasi yang sempurna agar tak menghantam pegunungan atau masuk ke jurang. Faktor inilah yang membuat Bandara Lukla masuk dalam deretan bandara mengerikan.

4. Bandara Gibraltar, Gibraltar

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

Ini dia bandara lain yang tak kalah mengerikan, Bandara Internasional Gibraltar. Landasan pacu bandara ini melewati jalan raya. Serius!

Bayangkan saja mobil harus berbagi jalan dengan pesawat yang akan mendarat. Meski begitu, ada aturan khusus agar pesawat tak bersinggungan dengan kendaraan yang melintas.

5. Bandara Paro, Himalaya

5 Bandara Dengan Landasan Pacu Paling Menyeramkan di Dunia

Paro Airport yang ada di Bhutan, Asia Selatan, menjadi salah satu bandara paling berbahaya di dunia. Terang saja, bandara ini berada di lembah, antara puncak-puncak es pegunungan Himalaya.

Saking terpencilnya, hanya ada 8 pilot dari seluruh dunia yang boleh mendaratkan pesawatnya di sini. Pilot harus menganalisis kondisi dan situasi area bandara. Bukan cuma itu, pendaratan juga hanya dibolehkan pada siang hari.