Dallol, Kawah Hijau Terpanas di Muka Bumi

Kawah hijau Dallol

Dallol, Kawah Hijau Terpanas di Muka Bumi - Gurun pasir Danokil yang terletak di sebelah timur laut Ethiopia ternyata menyimpan keajaiban alam yang tak banyak diketahui. Di jantung gurun pasir tersebut ada sebuah kawah gunung berapi yang memiliki pemandangan menakjubkan, yaitu Dallol.

Dallol adalah kawah yang terbentuk karena letusan gunung berapi. Lansekap dataran tersebut terdiri dari sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam, dan geyser yang sesekali menyemburkan gas.

Sekilas pandang Dallol tampak seperti danau dengan air hijau yang cantik. Selain itu pemandangan di sekitarnya memang sangat mengagumkan, dengan batu-batu serupa karang berwarna kuning dan oranye cerah. Dilaporkan Kuriositas, warna hijau terang dan kuning menyala di kolam-kolam asam itu disebabkan karena kandungan sulfur, besi, dan mineral yang tinggi.

Dallol, Kawah Hijau Terpanas di Muka Bumi

Dallol, Kawah Hijau Terpanas di Muka Bumi

Walaupun begitu ternyata Dallol bukanlah tujuan wisata yang cukup populer. Pengunjung kawah cantik ini mungkin hanya berjumlah beberapa ratus saja setiap tahunnya. Dallol merupakan salah satu tempat paling terpencil di muka bumi. Sangat sedikit penduduk yang tinggal di sekitar tempat ini, sampai-sampai Dallol dijuluki sebagai kota hantu.

Dallol disebut-sebut sebagai salah satu tempat terpanas di muka bumi. Suhu di sana bisa mencapai 94 derajat Fahrenheit. Suhunya yang tinggi beserta gas beracun yang siap menyembur sewaktu-waktu dari salah satu geyser di sana menjadikan Dallol sebagai tempat menakjubkan yang juga membahayakan nyawa.

Dallol, Kawah Hijau Terpanas di Muka Bumi

Sumber : Merdeka.Com
Foto :
Flickr/a_mibe
Photo Volcanica
Flickr/a_mibe