4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Mudik Pakai Mobil

Mudik Ramadhan

4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Mudik Pakai Mobil - Masyarakat Indonesia setiap tahun rela berkendara sampai ribuan kilometer demi menemui sanak saudara di kampung saat mudik. Nah mau tahu persiapan apa saja, yang harus Anda lakukan sebelum mudik pakai mobil ?

1. Persiapan Informasi

Sebelum melakukan mudik, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dulu dengan informasi yang lengkap. Seperti menentukan peta perjalanan dan lengkapi peta mudik, setelah menentukan peta perjalanan buat peta perjalanan.

Dan terakhir Anda juga disarankan untuk mengetahui lokasi-lokasi penting, seperti dimana saja bengkel resmi berada, dimana tempat ibadah, rumah makan, dimana bank atau ATM, dan dimana SPBU dan jenis BBM apa saja yang tersedia.

2. Tips Saat mengemudi

Mengemudi yang baik dan benar juga menjadi hal yang wajib dilakukan setiap pengendara. Seperti, mengatur posisi duduk yang pas dan nyaman, atur posisi kaca spion agar pandangan ke belakang bisa menjangkau area yang lebih luas dan tepat.

Selain itu Anda juga harus berkonsentrasi dan fokus pada kondisi jalan. Jangan lupa istirahatlah pada setiap 2-4 jam atau saat merasa lelah. Dan selalu jaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan.

Tidak lupa Anda sebagai pengendara juga harus mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan, terutama pada kondisi jalan ramai, berkelok menurun licin, atau basah. Gunakanlah lampu saat hujan atau berkabut walau pun di pagi atau siang hari. Terakhir disaat Anda ingin mendahului kendaraan lain, pastikan situasi telah aman.

3. Tips Persiapkan kendaraan

Lalukanlah periksaan semua lini kendaraan, seperti melakukan pemeriksaan pada oli mesin dan transmisi, oli rem, power steering dan cairan pembersih kaca.

Selanjutnya periksakanlah komponen kendaraan Anda. Seperti kondisi rem, kopling, steer, ban, karet wiper, kaca spion, dan lampu bekerja dengan baik. Terlebih Anda juga jangan lupa melakukan pemeriksaan dokumen ya, seperti SIM, STNK, Peta, GPS.

Nah salah satu yang kerap lupa dilakukan pengendara ialah memeriksakan alat keselamatan kendaraan. Seperti seat belt, ban cadangan segitiga pengaman, kunci roda, obeng, dan beberapa alat pendukung lainnya.

Anda juga diinginkan untuk persiapkan tempat dan alat pengikat untuk membawa barang bawaan agar tidak tercecer selama perjalanan. Namun pastikan Anda jangan membawa barang atau beban yang melebihi kapasitas kendaraan Anda ya.

4. Tips saat menghadapi situasi darurat

Jika Anda bertemu situasi darurat seperti kendaraan mengalami permasalahan dan mengharuskan berhenti. Segeralah menepi pada bahu jalan yang aman. Jangan lupa gunakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman untuk menandai dimana Anda berada. Turunkanlah semua penumpang dan menunggu di lokasi yang aman, pastikan penumpang tidak menunggu disamping kendaraan atau dibelakang kendaraan.

Sekian postingan menarik dengan judul 4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Mudik Pakai Mobil. Semoga postingan ini bermanfaat ya bro sis :) terima kasih atas kunjungannya. (Sumber : detikOto)