5 Manfaat Sunat, Mulai Dari Cegah Kanker Prostat Sampai Infeksi Saluran Kemih

5 Manfaat Sunat, Mulai Dari Cegah Kanker Prostat Sampai Infeksi Saluran Kemih - Bagi pria Muslim, sunat merupakan hal yang wajib dilakukan. Meski begitu, beberapa tahun terakhir sunat juga mulai dilakukan di beberapa negara Barat. Seiring dengan berjalannya waktu, sunat tak hanya memberikan penanda kedewasaan pada pria, tetapi juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat Sunat

5 Manfaat Sunat


1. Menghindari Kanker Prostat

Penelitian yang dilakukan di Kanada mengatakan bahwa kemungkinan besar sunat atau khitan dapat mengurangi risiko terserang kanker prostat. Hal tersebut dikarenakan sunat akan mengurangi risiko terinfeksi penyakit kelamin menular yang menjadi salah satu penyebab kanker prostat.

2. Menghindari HIV

Tak hanya untuk menghindari kemungkinan terkena kanker prostat, disunat atau dikhitan juga dapat mengurangi risiko terkena HIV hingga 50 persen. Studi terbaru dari AS mengungkap prosedur pengambilan kulup penis ini memberikan perlindungan pada pria dari HIV dan virus-virus lainnya.

3. 'Menyumbang' Bakteri Baik

Selain ada di usus, bakteri baik juga ada pada kelamin laki-laki. Para ilmuwan dari Indiana University menemukan bakteri baik tersebut pada daerah di bawah kulup penis. Awalnya mereka tidak mengetahui bahwa pria yang menjelang aktif secara seksual memiliki bakteri dalam saluran kencingnya.

4. Menghindari Infeksi Ginjal & Kandung Kemih

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bocah laki-laki yang tidak dikhitan sepuluh kali lebih rentan terserang infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra daripada bocah yang dikhitan. Penelitian ini juga diikuti oleh anak-anak yang baru lahir hingga berusia 16 tahun.

5. Menghindari Penumpukan Kotoran

Meski terlihat menyeramkan, ternyata disunat atau dikhitan juga perlu dilakukan. Menurut banyak penelitian ilmiah, memotong kulup penis dapat menghindari penumpukan kotoran. (Sumber : Detikhealth)

Sekian postingan menarik kali ini dengan judul 5 Manfaat Sunat, Mulai Dari Cegah Kanker Prostat Sampai Infeksi Saluran Kemih. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)