Apa Itu Virus Ebola? Kenali Virus Mematikan yang Belum Ada Obatnya

Virus Ebola

Apa Itu Virus Ebola? Kenali Virus Mematikan yang Belum Ada Obatnya - 670 orang meninggal karena wabah virus Ebola di Afrika Barat. Tak hanya orang non medis, petugas medis pun sudah ada yang meninggal akibat virus ini. Sebenarnya apa itu virus ebola? Seperti dilansir The Telegraph, Selasa (29/7/2014) berikut pemaparan virus mematikan ini.

Awal hadirnya Ebola

Menurut WHO, Ebola virus disease (EVD) yang dahulu dikenal sebagai demam berdarah Ebola merupakan penyakit parah yang menimbulkan kefatalan pada manusia. Virus ini pertama kali muncul pada tahun 1976 pada wabah di Nzara, Sudan dan kota kecil Yambuku di Kongo. Nama ebola diambil dari nama Sungai Ebola yang berada di Yambuku.

Cara penularan

Virus ini diketahui berada pada hewan kalong. Umumnya menyerang masyarakat yang tinggal dekat hutan hujan tropis.
Awalnya virus ini menyerang hewan seperti simpanse, gorila, monyet dan kijang hutan. Hewan yang telah terkena virus ini bisa menularkan pada manusia lewat kontak keringat, darah, sekresi dan cairan tubuh lain.

Gejala Ebola pada manusia

Manusia yang terjangkit virus ini awalnya akan merasakan demam, nyeri otot dan sakit tenggorokan. Kemudian dengan cepat meningkat mengalami muntah, diare serta pendarahan internal dan eksternal.

Belum ada obatnya

Penanganan dini terhadap pasien terjangkit ebola bisa meningkatkan kesempatan hidupnya. Namun, hingga kini belum ada vaksin maupun obat yang mampu mengatasi virus ini.

Histori wabah Ebola

Sebelum wabah menyerang negara-negara di Afrika Barat pada tahun ini, sebelumnya wabah virus ebola pernah menyerang Uganda, Sudan dan Gabon. Wabah terburuk pada tahun 2002 di Uganda yang menyebabkan 425 orang terinfeksi dan yang meninggal setengahnya. (Sumber : health.liputan6.com)

Sekian postingan menarik kali ini dengan judul Apa Itu Virus Ebola? Kenali Virus Mematikan yang Belum Ada Obatnya. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)