Cara Mudah Menghemat Memori di Perangkat Android

Cara Mudah Menghemat Memori di Perangkat Android - Para pengguna perangkat mobile, smartphone ataupun tablet, berbasis Android sangat dimanjakan dengan tersedianya jutaan aplikasi yang dapat diunduh via Google Play Store.

Menghemat Memori di Perangkat Android

Game, media sosial, layanan produktivitas, hingga berbagai jenis aplikasi lainya selalu menggoda untuk diunduh. Hal ini juga yang menyebabkan rata-rata pengguna perangkat Android gemar mengoleksi banyak aplikasi.

Namun ada satu konsekuensi negatif yang akan dirasakan. Smartphone akan menjadi lemot karena aplikasi Android menghabiskan banyak kapasitas RAM yang tersedia.

Selain memperbesar kapasitas RAM, ada pula cara mudah yang bisa diterapkan langsung oleh pengguna untuk menghemat penggunaan memori internal. Dua di antaranya adalah sebagai berikut.

Cara Mudah Menghemat Memori di Perangkat Android


1. Membersihkan cache

Sebenarnya cara ini tidak berpengaruh secara signifikan, namun patut dicoba sebagai penanganan awal.

Cache sendiri berfungsi untuk merekam sejarah data penggunaan aplikasi. Cache berfungsi untuk lebih mempercepat proses penggunaan sebuah aplikasi. Dengan menghapus cache setidaknya memori internal akan sedikit lebih lega beberapa MB.

Caranya cukup mudah. Masuk ke menu setting >> general >> apps >> lalu pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cachenya >> clear cache.

2. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal

Cara ini tentunya lebih ampuh. Caranya juga cukup mudah. Setting >> apps >> manage application >> piliha aplikasi yang ingin dipandahkan >> move to SD Card.

Atau jika ingin lebih mudah, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store seperti Move Apps, App2SD Easy, AppMgr, dan masih banyak lagi.