Ini Cara Paling Mudah Sembunyikan Data di Smartphone Android

Ini Cara Paling Mudah Sembunyikan Data di Smartphone Android - Apakah Anda mempunyai data di dalam smartphone Android yang tidak ingin dilihat oleh orang lain?

Langkah pertama harus dilakukan adalah mengakses aplikasi berkas atau 'File Explorer' yang ada di smartphone. Nah, bila Anda kesulitan menggunakan File Explorer bawaan smartphone, Anda bisa mengunduh File Explorer lain di Google Play Store, seperti ES File Explorer atau Root Explorer (bila smartphone Anda sudah di-root).

Sebelum menyembunyikan file atau folder yang Anda inginkan, sebaiknya terlebih dulu mengatur File Explorer Anda untuk dapat melihat data yang telah disembunyikan. Contohnya, bila Anda menggunakan ES File Explorer, Anda bisa masuk ke menu pengaturan lalu Pengaturan Tampilan, dan memberi tanda centang pada opsi 'Tampilkan file tersembunyi'.

Sembunyikan Data di Smartphone Android

Untuk membuat sebuah folder agar tidak terlihat saat diakses lewat 'multimedia' atau aplikasi lain, tinggal pilih folder yang Anda inginkan lalu ubah namanya dengan menambahkan tanda titik persis di depan nama sebelumnya.

Nah, mengingat Android termasuk OS berbasis Linux, maka secara otomatis "." akan membuat folder tersebut disembunyikan oleh sistem.

Cara Sembunyikan Data di Smartphone Android

Jika proses tersebut berhasil, Anda akan melihat folder tadi akan menjadi sedikit tembus pandang atau warnanya memudar. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan sebuah file saja?

Lebih lanjut, bila Anda hanya menginginkan satu file saja yang disembunyikan, maka yang perlu dirubah adalah nama dari file tersebut.

Misalnya, Anda ingin menyembunyikan sebuah foto agar tidak terlihat di bagian multimedia, yang perlu dilakukan adalah merubah nama foto tersebut menjadi ".nomedia" tanpa tanda petik. Ikon file tersebut juga akan terlihat memudar, tanda proses 'hiding' telah berhasil.