Foto Mumi-mumi Papua Berusia Ratusan Tahun - The Kolor Superman

Foto Mumi-mumi Papua Berusia Ratusan Tahun

kolorsuperman.blogspot.com - Bukan hanya di Mesir, tapi mumi juga ada di Indonesia. Inilah mumi-mumi dari Papua peninggalan para leluhurnya, berusia ratusan tahun. Tradisi kematian di Papua salah satunya adalah berupa jenazah dijadikan mumi. Ada 5 suku di Papua dengan tradisi tersebut yakni suku Mek di Pegunungan Bintang, suku Dani di Lembah Baliem, suku Moni di Intan Jaya, suku Yali di Kurima dan suku Mee di Dogiyai.

Berikut Foto Mumi-mumi Papua Berusia Ratusan Tahun




Jenazah yang dijadikan mumi bukanlah jenazah orang sembarangan. Biasanya, merupakan jenazah seseorang yang dinilai berjasa bagi sukunya, baik itu merupakan kepala suku, panglima perang atau orang yang sangat dihormati (Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)



Jenazah dijadikan mumi dengan cara diasapi dan dilumuri lemak babi. Posisi mumi pun terlihat duduk, karena pada masa prasejarah, penguburan dalam posisi duduk ibarat bayi dalam kandungan (Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)



Usut punya usut, masih banyak mumi di Papua lainnya. Hanya saja, lokasinya jauh di dalam hutan dan sulit diakses. Beberapa suku pun merahasiakan mumi milik mereka dari orang-orang lain (Afif Farhan/detikcom).