4 Misteri Malaysia Airlines Berakhir di Samudera Hindia

4 Misteri Malaysia Airlines Berakhir di Samudera Hindia

4 Misteri Malaysia Airlines Berakhir di Samudera Hindia - Setelah 17 hari dalam pencarian dunia internasional, keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 mulai menemukan titik cerah. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan bahwa pencarian MH370 berakhir di Samudra Hindia.

Banyak pakar dan ahli penerbangan berpendapat sangat sulit dinalar jika pesawat MH370 berakhir Samudra Hindia. Berikut empat misteri yang masih menyelimuti kabar MH370 tersebut:

4 Misteri Malaysia Airlines Berakhir di Samudera Hindia


1. Mengapa pesawat bisa mengarah ke Samudra Hindia?

Jika benar pesawat MH370 kandas di Samudra Hindia, maka teka-teki yang harus dipecahkan mengapa pesawat tersebut mengarah ke sana?

Pihak Malaysia belum bisa menjawab misteri ini. Namun yang jelas, pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu melenceng jauh dari rute awal.

Diketahui pesawat itu terbang dini hari dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Beijing, China. Ketika dinyatakan hilang, pesawat diketahui sempat putar balik dan mengarah ke Selat Malaka.

Tetapi hasil kesimpulan PM Malaysia menyebut pencarian MH370 justru berakhir di Samudra Hindia. Mengapa bisa mengarah ke Samudra Hindia? Apa tujuannya?

2. Siapa yang mengarahkan ke Samudra Hindia

Misteri berikutnya yang juga harus dipecahkan adalah siapa yang mengarahkan pesawat tersebut ke Samudra Hindia? Benarkah sang pilot, atau kah penumpang?

Penyelidikan kepada seluruh penumpang, kru, pilot dan co pilot pun sudah dilakukan. Namun hingga kini otoritas Malaysia belum menentukan kesimpulan tentang hal itu.

3. Cukupkah bahan bakar pesawat?

Bila dilihat dari jarak tempuh, banyak pakar penerbangan yang menyebut MH370 tidak mungkin akan mengarah ke Samudra Hindia. Penjelasan ini menggunakan logika sederhana. Bahan bakar pesawat tidak akan cukup.

Sebelum hilang dari radar, pesawat MH370 sempat mengudara sekitar 1 jam di rute yang seharusnya. Tetapi setelah satu jam itu pesawat hilang dikabarkan putar balik menuju Selat Malaka.

Bahkan gambar citra satelit juga menunjukkan objek pesawat yang diduga MH370 terbang rendah di Kepulauan Andaman (di atas pulau Sumatera).

Tiba-tiba PM Najib menyebut pesawat kemungkinan kandas di Samudra Hindia yang lokasinya ribuan Km dari penampakan terakhir.

4. Misteri kotak hitam pesawat

Semua teka-teki yang masih menyelimuti MH370 tersebut seolah sulit dipecahkan. Hingga kini belum ada indikasi perihal sabotase, terorisme, kerusakan atau human eror yang bisa menjelaskan soal kejadian yang dicap sebagai paling aneh dalam dunia penerbangan itu.

Satu-satu harapan untuk bisa mengungkap semua misteri tentang pesawat nahas itu hanya digantungkan pada sebuah kotak kecil yang biasa di sebut black box atau kotak hitam. Namun tentunya juga tidak menemukan kotak kecil di tengah samudra Hindia.

Lalu mungkinkah dengan penemuan kotak hitam bisa mengungkap semua misteri tersebut di atas. Yang jelas pencarian terhadap kotak yang berisi rekaman percakapan pilot itu masih terus dicari.

Sumber : merdeka.com

Sekian postingan kali ini dengan judul 4 Misteri Malaysia Airlines Berakhir di Samudera Hindia. Terima kasih atas kunjungannya bro and sis :)