7 Tips Aman Mudik Lebaran Mengendarai Sepeda Motor - The Kolor Superman

7 Tips Aman Mudik Lebaran Mengendarai Sepeda Motor

7 Tips Aman Mudik Lebaran Mengendarai Sepeda Motor - Sebelumnya gue udah posting mengenai Tips Agar Mudik Jadi Nyaman Tanpa Jatuh Sakit. Nah, postingan berikut ini merupakan hubungan dari postingan tersebut. Langsung aja ya...

Sebentar lagi hari kemenangan bagi umat Muslim akan segera tiba. Idul Fitri sudah menanti kurang dari dua minggu. Yang paling identik dengan Idul Fitri adalah tradisi mudik. Ya, mudik selalu menjadi rutinitas hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Kebanyakan, masyarakat Indonesia mudik dengan mengendarai motor bersama keluarga. Dengan banyaknya warga yang mengendarai motor, maka jalanan menjelang hari raya akan semakin padat. Jelas, angka kecelakaan meningkat.

Nah, untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, berikut tips aman mudik dengan sepeda motor. Ingin tahu seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

7 Tips Aman Mudik Lebaran Mengendarai Sepeda Motor


1. Cek keadaan motor

Cek keadaan motor

Periksa keadaan motor dengan baik. Periksa oli, cek air radiator, dan semua cairan-cairan yang terdapat di motor, seperti minyak rem, rantai, dan juga cek tekanan ban sebelum berangkat.

Jangan lupa pompa ban juga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau bisa, servis dulu motor Anda sebelum mudik dan pastikan motor kesayangan Anda benar-benar siap melakukan perjalanan jauh.

2. Cek kelengkapan surat-surat

Cek kelengkapan surat-surat

Cek semua kelengkapan surat-surat Anda, seperti STNK dan SIM. Pastikan Anda tidak akan terganggu dengan beberapa razia yang dilakukan polisi di perjalanan dengan melengkapi surat-surat tersebut.

Sebab, polisi bisa saja menahan motor Anda apabila Anda tidak memabwa salah satu atau keduanya.

3. Gunakan kelengkapan berkendara

Gunakan kelengkapan berkendara

Kelengkapan berkendara juga penting untuk diperhatikan. Contohnya helm SNI, jaket, sepatu, sarung tangan, dan pelingdung dada.

Yang sering diabaikan adalah spion. Dua spion haruslah tetap terpasang di motor Anda jika tidak ingin ditilang Polisi. Jangan lupa untuk menyalakan lampu meski di siang hari untuk menekan angka kecelakaan.

4. Tidak perlu membawa barang terlalu banyak

Barang yang terlalu banyak juga akan menyulitkan Anda saat mengendarai motor. Tak hanya itu, tidak disarankan untuk berboncengan tiga pada motor karena akan sangat berbahaya. Bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sebisa mungkin Anda membawa barang seperlunya saja agar tidak kerepotan dan menggangu perjalanan Anda.

5. Istirahat

Istirahat

Setiap 3 jam sekali, Anda harus beristirahat untuk mengembalikan stamina tubuh Anda dan konsentrasi. Meski belum begitu lelah, usahakan Anda berhenti sejenak untuk sekedar bersantai.

6. Berangkat bersama rombongan

Berangkat bersama rombongan

Anda juga disarankan berangkat bersama dengan rombongan sesama pemudik motor. Ini untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan di jalanan. Juga, apabila terjadi masalah lain di jalan, akan ada yang dimintai pertolongan.

7. Dilarang ngebut

Dilarang ngebut

Jangan memacu kendaraan Anda dengan cepat karena akan membahayakan orang lain dan diri Anda sendiri. Mengendaralah dengan tenang, santai, tidak terburu-buru. Biar pelan asal selamat dan tetap waspada. Ingat, keluarga tengah menunggu Anda di rumah. Jadi mohon perhatikan semua kemungkinan yang ada. Semoga bermanfaat, dan selamat mudik.

Sekian postingan menarik kali ini dengan judul 7 Tips Aman Mudik Lebaran Mengendarai Sepeda Motor. Terima kasih telah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat :)