10 Merek Mobil yang Tidak Laku di Amerika (Bagian 1)

10 Merek Mobil yang Tidak Laku di Amerika (Bagian 1) - Industri otomotif Amerika hampir kolaps ketika terjadi resesi ekonomi. Namun, setelah itu, penjualan mobil di Amerika naik secara stabil, mencapai 11% dibanding tahun lalu. Namun, di balik pertumbuhan penjualan mobil yang stabil tersebut, ternyata tidak semua mobil laku di pasaran.

Berdasarkan data dari TrueCar, panduan informasi teknologi dan industri otomotif, sekitar 15 jenis mobil menghabiskan waktu rata-rata 90 hari di ruang showroom sebelum laku dijual. Sementara itu, mobil yang paling lama berada di showroom adalah Volvo S60 dengan lama 155 hari. Berikut ini adalah daftar 10 kendaraan yang tidak laku di Amerika Serikat.

1. Scion tC

Scion tC

> Lama di showroom: 90.2 hari
> Penjualan Jan-Mei: 1.571 unit
> Harga: $19.965

Walaupun pada awal tahun 2014 penjualan mobil ini bagus, tapi sejak bulan Mei penjualan Scion tC menurun. Scion tC rata-rata berada di ruang pamer showroom minimal 90 hari, dari yang awalnya hanya 60 hari. Mobil ini menargetkan pasar anak muda, seperti yang ditetapkan oleh induk mobil ini, yakni Toyota. Berdasarkan penelitian oleh J.D. Power pada tahun 2013, mobil Scion merupakan mobil dengan rating terburuk di Amerika, dengan jumlah laporan 161 problem dari 100 kendaraan yang dimiliki selama 90 hari setelah pembelian.

2. Dodge Avenger

Dodge Avenger

> Lama di showroom: 96,5 hari
> Penjualan Jan-Mei: 7.024 unit
> Harga: $20.595

Dealer Dodge membutuhkan waktu sekitar 96 hari untuk menjual mobil Dodge Avenger ini pada periode Januari hingga Mei. Pada periode yang sama di tahun 2013 lalu, mobil ini laku setelah dipajang selama minimal 51 hari. Berdasarkan penelitian oleh J.D. Power pada tahun 2014, Dodge menerima laporan 180 masalah dari 100 mobil yang terjual.

3. Lincoln MKS

Lincoln MKS

> Lama di showroom: 97 hari
> Penjualan Jan-Mei: 817 unit
> Harga: $40.690

Lincoln MKS merupakan mobil yang paling sulit dijual. Pada tahun ini hingga bulan Mei, Lincoln MKS hanya terjual 817 unit. Ford, sebagai induk Lincoln, sudah bekerja sangat keras agar merek Lincoln kembali terkenal. Mobil ini sangat kesulitan untuk bersaing dengan mobil-mobil mewah lainnya karena dianggap sudah ketinggalan zaman. Namun, bagi Anda yang mencari mobil dengan tingkat keamanan tinggi, mobil ini sangat cocok karena mendapatkan rating bintang 5 dari NHTSA.

4. Chevrolet Tahoe

Chevrolet Tahoe

> Lama di showroom: 101,5 hari
> Penjualan Jan-Mei: 6.938 unit
> Harga: $44.895

Tahoe merupakan merek dari Chevrolet yang paling dapat diandalkan pada tahun lalu. Chevrolet sendiri merupakan salah satu mobil top brands berdasarkan rating dari J.D. Power, dan mendapatkan peringkat rata-rata pada 2014 sebagai Vehicle Dependability Study. Walaupun mendapatkan banyak predikat positif, tapi konsumen kurang menyukai jenis mobil ini. Chevrolet Tahoe membutuhkan waktu sekitar 101,5 hari agar dapat terjual, meningkat dari hanya 73,4 hari pada awal tahun ini.

5. Chrysler 200

Chrysler 200

> Lama di showroom: 102,5 hari
> Penjualan Jan-Mei: 7.567 unit
> Harga: $21.700

Chrysler 200 membutuhkan waktu sekitar 102 hari agar dapat terjual pada tahun ini, dan tingkat penjualannya pun menurun 40% dari 12.531 unit pada lima bulan pertama 2013 menjadi 7.567 unit pada lima bulan pertama 2014. Salah satu faktor yang membuat penjualan mobil ini turun adalah keluarnya model baru dari Chrysler 200 pada bulan lalu. Chrysler 200 juga kalah bersaing dengan kompetitornya, yakni Honda Accord dan Toyota Camry.

Sumber : oto.detik.com

Sekian postingan menarik dari dunia otomotif dengan judul 10 Merek Mobil yang Tidak Laku di Amerika (Bagian 1). Terima kasih atas kunjungannya bro sis :)
Lanjut ke 10 Merek Mobil yang Tidak Laku di Amerika (Bagian 2).