8 Hal Baru dan Menarik di iOS 8 - The Kolor Superman

8 Hal Baru dan Menarik di iOS 8

8 Hal Baru dan Menarik di iOS 8 - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014, Apple telah memperkenalkan sistem operasi mobile terbaru iOS 8. Apa saja yang baru dan menarik dari sistem operasi itu? Berikut adalah delapan hal yang patut digarisbawahi dari iOS 8:

Hal Menarik di iOS 8

8 Hal Baru dan Menarik di iOS 8


1. Notifikasi Interaktif

Lewat iOS 8, pengguna iPhone atau iPad tak perlu lagi membuka aplikasi untuk membalas pesan. Fitur notifikasi di iOS 8 memungkinkan pengguna berinteraksi langsung, seperti membalas pesan, lewat notifikasi yang muncul. Bukan hanya membalas pesan, Apple mendemokan fitur itu untuk me-"Like" sesuatu di Facebook atau menawar barang di eBay, semuanya langsung dari layar notifikasi, tanpa harus membuka aplikasi. Notification Center pun, akhirnya, dibuka untuk widget dari pihak ketiga.

2. Spotlight

Seperti di OS X Yosemite, iOS 8 juga mengalami peningkatan pada fitur Spotlight alias search. Di iOS, pencarian lewat Spotlight kini melampaui aplikasi dan data yang ada di dalam perangkat dan mulai mencakup film, lagu, dan aplikasi yang belum dimiliki pengguna tetapi tersedia di iTunes, data dari internet (termasuk Wikipedia) dan data dari Maps.

3. Keyboard

Di iOS 8 Apple memperkenalkan QuickType, fitur papan ketik yang menampilkan pilihan kata otomatis di atas papan ketik. Dalam demonya, pilihan kata akan sesuai dengan konteks aplikasi dan percakapan. Belum semua bahasa didukung oleh QuickType. Masih soal papan ketik, hal yang cukup mengejutkan adalah Apple membuka akses pengguna memasang papan ketik pihak ketiga, dan ini ditunjukkan dengan menjalankan Swype pada iPhone.

4. Messages

Ada banyak hal yang ditambahkan Apple pada Messgaes. Mulai dari pesan audio dan video yang bisa ditempelkan dengan sekali tekan tombol, berbagi lokasi dengan teman, mengelola group message ala WhatsApp dan bahkan pesan yang bersifat sementara alias langsung hilang dalam beberapa waktu setelah diterima ala Snapchat.

5. Healthkit

iOS 8 memperkenalkan Healthkit, sebuah aplikasi yang mengumpulkan data kesehatan pengguna. Ini cocok untuk mereka yang gemar menggunakan aplikasi kebugaran beserta aksesorinya, seperti Nike+ ataupun yang lainnya.

6. Family Sharing

Fitur Family Sharing memungkinkan beberapa perangkat iOS terhubung ke satu akun kartu kredit. Fitur ini juga memungkinkan kepala keluarga memeriksa dan menyetujui (atau menolak) pembelian aplikasi dan In App Purchase dari akun anaknya, selama kartu kredit yang digunakan sama. Selain itu Family Sharing bisa digunakan untuk berbagi jadwal di kalender, pengingat, foto dan lokasi.

7. Photos

Aplikasi Photos di iOS 8 bisa disinkronkan dengan beberapa perangkat, termasuk penyuntingan yang dilakukan. Foto-foto akan disimpan di akun iCloud yang tersedia gratis hingga 5GB.

8. Siri

Siri kini bisa diakses tanpa sentuhan. Cukup bilang "Hey, Siri" dan fitur asisten pribadi itu akan muncul. Mirip dengan "OK, Glass" di Google Glass atau "OK, Google" di Chrome OS. Siri juga kini mampu mengenali lagu yang sedang diputar di latar belakang.

Sekian postingan kali ini dengan judul 8 Hal Baru dan Menarik di iOS 8. Terima kasih telah berkunjung bro sis :)