Tujuh Tips Penting untuk Membeli Rumah Baru - The Kolor Superman

Tujuh Tips Penting untuk Membeli Rumah Baru

Tips Membeli Rumah Baru

Tujuh Tips Penting untuk Membeli Rumah Baru - Mencari rumah memang susah-susah mudah. Bahkan, orang bilang sama sulitnya dengan mencari jodoh.

Apalagi saat mencari rumah pertama, biasanya konsumen akan melakukan banyak pertimbangan. Bagi Anda yang ingin membeli rumah baru, ada tujuh langkah penting yang harus dilakukan:

Mengadakan Perbandingan

Lakukan perbandingan rumah yang akan dibeli dengan rumah-rumah yang berada di sekitarnya (dalam hal desain, bentuk arsitektur, dan lingkungan).

Mengumpulkan Informasi

Kumpulkan selengkap mungkin informasi rumah yang akan dibeli, seperti status tanah dan bangunan, kepemilikan, serta harga yang ditawarkan. Jangan membeli rumah di perumahan yang banyak dibeli spekulan, karena perumahan tersebut pasti akan sepi penghuni. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan harga rumah.

Mengamati Kondisi Rumah

Perhatikan secara teliti kondisi bangunan, tata letak, dan interior rumah. Bila perlu, jelajahi setiap ruangan dan tanyakan semua secara detail kepada pemilik atau pengembang.

Mempelajari Harga Pasar

Kumpulkan dan bandingkan harga-harga rumah yang berlaku saat ini, di wilayah tersebut dengan jenis rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak mahal.

Meminta Pendapat Pihak Ketiga

Mintalah pendapat dari pihak lain (second opinion) tentang rumah yang diinginkan. Pihak ketiga yang dapat diminta pendapat antara lain keluarga, sahabat, agen properti, atau penilai profesional, yang dapat menilai secara objektif mengenai kondisi dan harga rumah tersebut.

Menghubungi Notaris

Gunakan jasa Notaris untuk membantu proses transaksi pembelian rumah. Sebab, masalah hukum dalam jual-beli rumah adalah hal kompleks, rumit, dan memerlukan kepastian hukum.

Mengatur Sistem Pembayaran

Pembayaran atas transaksi rumah harus diatur dengan baik. Akan lebih baik jika sistem pembayaran dilakukan dengan mudah dengan meminimalkan risiko kejahatan bagi kedua belah pihak, seperti melakukan pembayaran melalui transfer bank. (Sumber : RumahCom)

Sekian postingan menarik dengan judul Tujuh Tips Penting untuk Membeli Rumah Baru. Terima kasih atas kunjungannya, semoga postingan ini bermanfaat bro sis :)