Ini Dia, Foto Olahan Pertama Adobe Photoshop - The Kolor Superman

Ini Dia, Foto Olahan Pertama Adobe Photoshop

Foto Olahan Pertama Adobe Photoshop

Ini Dia, Foto Olahan Pertama Adobe Photoshop - Siapa tak kenal Adobe Photoshop? Software tersebut sudah menjadi standar dunia untuk pengolahan gambar digital. Namun, ada masa ketika para pengguna komputer belum familiar dengan konsep manipulasi digital image, apalagi nama Photoshop.

Dunia itulah yang dihadapi pencipta Photoshop, John Knoll, saat berusaha mengenalkan software buatannya. Ketika itu dia kesulitan mencari gambar digital yang jumlahnya memang masih sangat terbatas.

Maka dari itu, Knoll mengambil sebuah foto ukuran 6 x 4 inci yang diabadikan saat liburan ke Hawaii pada 1987, lalu memindainya dengan sebuah flatbed scanner - yang juga merupakan barang langka - hasil pinjaman dari teman yang bekerja di Apple.

Wanita dalam foto tersebut adalah istri Knoll, Jennifer, yang sedang bersantai di pasir putih Pulau Bora-bora. Jadilah, file gambar digital berformat TIFF hasil pindaian itu dinamai “Jennifer in Paradise”.

“Jennifer in Paradise” pun menjadi foto pertama yang diolah secara digital menggunakan software Adobe Photoshop besutan Knoll dan kakak lelakinya, Thomas. Foto itu disertakan dalam tiap kemasan Photoshop yang dikirim ke sejumlah perusahaan untuk keperluan demo produk atau lainnya.

Knoll sempat mengunggah sebuah video yang dibuat untuk merayakan ulang tahun Photoshop, sebagaimana bisa dilihat di bawah. Di dalamnya dia mendemonstrasikan proses menipulasi gambar menggunakan Photoshop versi pertama dan file gambar “Jennifer in Paradise”. (Sumber : The Guardian)



Sekian postingan menarik dengan judul Ini Dia, Foto Olahan Pertama Adobe Photoshop. Semoga bermanfaat bro sis :)