Nathan Gray, Bocah 10 Tahun Menemukan Supernova - The Kolor Superman

Nathan Gray, Bocah 10 Tahun Menemukan Supernova

Usia boleh masih 10 tahun. Namun, Nathan Gray, bocah asal Greenwood, sudah membuat penemuan berharga. Dia menemukan supernova.


Nathan Gray

Nathan menemukan supernova di galaksi PGC 61330 yang berada di konstelasi Draco. Keberadaan supernova yang telah ditemukannya telah dikonfirmasi oleh Royal Astronomical Society of Canada (RASC).

Nathan sendiri merupakan putra dari Paul Gray, anggota RASC. Ia kini menjadi orang termuda yang menemukan supernova.

Supernova yang ditemukan Nathan kali pertama dicitrakan pada Rabu (30/10/2013) pagi. Sore hari berikutnya, dengan menganalisis data observasi astronom David Lane yang melakukan pengamatan di Abby Ridge Observatory di Nova Scotia, Nathan menemukan supernova.

Menurut situs I Fucking Love Science, Senin (4/11/2013), temuan Nathan juga telah dikonfirmasi oleh observer lain di Amerika Serikat dan Italia serta dimasukkan ke situs International Astronomical Union.

Sementara ini, supernova temuan Nathan mendapat kode J18032459+7013306. Pengamatan dengan teleskop lebih besar pun diperlukan sebelum nama resmi diberikan.

Nathan sendiri merupakan adik dari Kathryn Aurora Gray, remaja putri yang pada tahun 2011 juga menemukan supernova bernama 2010lt di galaksi UGC 3378. Karena temuannya, Kathryn bisa bertemu dengan Neil Armstrong, manusia pertama yang menjejakkan kaki di Bulan.