Hindari Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran - The Kolor Superman

Hindari Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran

Bikin Kue Lebaran
Hindari Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran - The Kolor Superman akan berbagi informasi menarik masih dari topik info ramadhan 2013. Judul yang digunakan pada postingan ini adalah Hindari Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran.

RAMADAN identik dengan sajian kue yang beraneka dan lezat. Beberapa kesalahan bisa menggagalkan keinginan Anda untuk membuat kue manis (cake) ataupun kue kering (cookie).

Sudahkah Anda menyusun menu kue untuk sajian sepanjang Ramadan? Agar kue bisa memuaskan rasa dan penampilannya, beberapa kesalahan membuat kue sebaiknya dipahami. Executive Pastry Chef Cheese Cake Factory, Fuad Hasan, membeberkan beberapa di antara kesalahan tersebut.

Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran


Lupa memasukkan bahan, misalnya pengembang ataupun pengempuk adonan. "Kalau pengembang atau pengempuk tidak dimasukkan, kue jadi keras atau bantat. Atau, misalnya telur, yang seharusnya kuning atau putihnya saja, ini dua-duanya dipakai, kue bisa bantat juga,"

Kesalahan kedua adalah takaran bahan. Kebanyakan ibu rumah tangga terbiasa menakar bahan-bahan kue dengan cara manual, misalnya dengan gelas, dan bukan timbangan. Sebenarnya, tegas Chef Fuad, tidak masalah bila bahan yang ditakar bukan merupakan elemen penting, misalnya susu dan tepung.

Kesalahan paling umum yang terakhir adalah proses pemanggangan. Mungkin Anda sudah benar pada tahapan menakar bahan dan mengaduk adonan, tapi lalai pada tahapan memanggang. Misalnya, yang seharusnya kue dipanggang dengan suhu 80 derajat Celsius, cuma 60-65 derajat Celsius, hasilnya kue akan bantat. Atau, seharusnya suhunya dinaikkan 120 derajat Celsius malah diturunkan, hasilnya luarnya matang tapi dalamnya tidak.

Hal terpenting untuk menghindari kue gagal adalah mematuhi resep yang dijadikan panduan. Ini terutama untuk Anda yang belum terbiasa membuat kue karena prosesnya memerlukan takaran dan ilmu pasti, bukan seperti memasak hidangan utama.

"Kalau takaran dan urutannya benar, kue pasti tidak akan gagal,"

Sekian informasi menarik dengan judul Hindari Beragam Kesalahan Bikin Kue Lebaran. Semoga bermanfaat buat pembaca setia blog jelek ini teruma sista2 yang hobi bikin kue hehehe :)

Sumber : plasa.msn.com