Tips Bagi Ibu Menyusui Saat Bulan Puasa - The Kolor Superman

Tips Bagi Ibu Menyusui Saat Bulan Puasa

Ibu Menyusui
Tips Bagi Ibu Menyusui Saat Bulan Puasa - The Kolor Superman kali ini mau berbagi informasi bagi ibu-ibu menyusui. Judul yang digunakan pada artikel ini adalah Tips Bagi Ibu Menyusui Saat Bulan Puasa.

Dari kacamata kesehatan, tidak masalah seorang ibu menyusui tetap puasa, asal tetap memperhatikan nutrisi yang diasupnya. Menurut pakar laktasi dr Utami Roesli Sp.A, IBCLC, FABM jika bayi masih belum berusia 6 bulan sebaiknya ibu tidak puasa dan tetap memberikan ASI eksklusif. "Menyusui adalah ibadah, puasa juga ibadah. Jadi, sebaiknya kalau bayi sudah lebih dari 6 bulan usahakan tetap puasa," kata dr Utami.

dr Utami menyarankan agar ibu tetap memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan demi kesehatan bayi dan ibu. "Nanti kalau sudah selesai waktunya menyusui baru dibayar (utang puasanya)," tutur dr Utami.

Setelah selesai memberikan ASI eksklusif, ibu bisa berpuasa. dr Utami menjelaskan puasa sebenarnya seperti mengganti pola makan. Di mana makan pagi diganti dengan sahur, makan siang diganti dengan berbuka, dan makan malam diganti dengan makan sesaat sebelum tidur.

"Selain itu sediakan juga air minum di samping tempat tidur untuk mengurangi dehidrasi pada ibu," tambahnya.

Nah, jika Anda sedang menyusui kini tak perlu bingung lagi. Anda tetap dapat berpuasa jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan asal tetap mengonsumsi makanan yang bergizi.

Sekian postingan menarik dengan judul Tips Bagi Ibu Menyusui Saat Bulan Puasa. Semoga bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang menyusui saat bulan puasa yang akan tiba beberapa hari lagi.

Sumber : Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth